You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Contoh Pengelolaan Rusunawa Budha Tzu Chi, Djarot Ajak Dua Kepala Dinas
.
photo doc - Beritajakarta.id

Djarot Minta Rusunawa Dikelola Secara Terpadu

Kesuksesan pengelolaan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) Budha Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat, menampung warga di bantaran Sungai Angke menginsipirasi Pemprov DKI untuk membenahi pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di ibu kota. Pengelolaan Rusunami Budha Tzu Chi yang bersih dan tertib diharapkan juga menular kepada rusunawa di DKI yang saat ini terus melakukan pembenahan.

Rusunawa jika dikelola secara terpadu bisa menjadi baik, bersih, dan tertib seperti ini. Ada perubahan pola budaya yang dahsyat. Ini bisa jadi role model, bisa diterapkan di rusunawa di DKI

"Rusunawa jika dikelola secara terpadu bisa menjadi baik, bersih, dan tertib seperti ini. Ada perubahan pola budaya yang dahsyat. Ini bisa jadi role model, bisa diterapkan di rusunawa di DKI," kata Djarot Saiful Hidajat, Wakil Gubernur DKI Jakarta saat blusukan ke Rusunami Budha Tzu Chi, Jakarta Barat, Kamis (29/1).

Diakui Djarot, dirinya sengaja mengajak Walikota Jakarta Barat Anas Effendi, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Ika Lestari Aji, serta Kepala Dinas Kebersihan Saptastri Ediningtyas Kusumadewi. Sebab, pengelolaan rusunawa memang harus dilakukan secara terpadu antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Rusunawa di DKI Bakal Dilengkapi Fasilitas Umum

"Saya sengaja ajak Pak Walikota, Dinas Perumahan, dan Dinas Kebersihan. Kita sharing, belajar, sehingga pengelolaan rusunawa kita maksimal," ujarnya.

Dia berharap agar SKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tidak hanya pandai membangun, tetapi juga harus profesional dalam mengelola. Selain itu, diharapkan pengawasan diperketat sehingga tidak ada lagi rusunawa yang diperjualbelikan. Karena, rusunawa diperuntukan bagi warga yang kurang mampu.

"Jangan sampai juga rusunawa justru untuk menyimpan istri muda. Harus untuk penghuni yang betul-betul terdata," katanya.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, Ika Lestari Aji mengatakan, pihaknya akan belajar kepada pengelola Budha Tzu Chi. Hingga saat ini, memang belum ada rusunawa di ibu kota yang sebaik Budha Tzu Chi. Di mana bisa merubah perilaku masyarakat untuk menjaga kebersihan dan lebih tertib.

"Kita akan mengarah ke sana. Tidak ada jemuran di mana-mana, mengelola sampah sendiri. Nanti akan jadi pembanding," ucap Ika.

Menurut Ika, pihaknya akan mengajukan Rusunawa Muara Baru sebagai lokasi percontohan. Namun, dirinya harus mengusulkan terlebih dahulu kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidajat. "Rusunawa Muara Baru saya kita bisa diusulkan, karena belum banyak dihuni. Tapi harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu," tandasnya.

Ia menyebut, Rusunawa Muara Baru terdapat 8 blok yang baru selesai dibangun. Masing-masing blok terdapat 100 hunian, artinya ada sebanyak 800 hunian. Sementara itu, sudah ada 4 blok yang dibangun oleh Kementerian Perumahan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1165 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1161 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito